Efektivitas Pendampingan Pengisian Jabatan Akademik Dosen dalam Meningkatkan Kinerja dan Profesionalisme Akademik
DOI:
https://doi.org/10.69773/3nkc5862Keywords:
Pendampingan; Jabatan Akademik Dosen; Kinerja.Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman sebagian dosen terhadap proses pengajuan dan pengisian jabatan akademik, yang merupakan bentuk pengakuan atas kompetensi dan kinerja dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Banyak dosen mengalami kesulitan dalam memahami regulasi, prosedur administratif, serta penyusunan dokumen pendukung yang diperlukan dalam sistem Jabatan Akademik Dosen (JAD). Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menyiapkan berkas dan mengajukan jabatan akademik secara mandiri dan sesuai ketentuan yang berlaku. Metode pelaksanaan mencakup pelatihan, bimbingan teknis, serta konsultasi individual yang berfokus pada praktik pengisian data dan penyusunan dokumen bukti kinerja. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dosen terhadap format isian, kelengkapan dokumen, dan tahapan verifikasi. Evaluasi dilakukan secara langsung melalui pengamatan selama kegiatan dan penilaian hasil kerja peserta. Dampak kegiatan ini terlihat dari meningkatnya kepercayaan diri, motivasi, serta kesadaran dosen terhadap pentingnya profesionalisme dan pengembangan karier akademik secara berkelanjutan.




