Efektivitas Pendampingan Pengisian Jabatan Akademik Dosen dalam Meningkatkan Kinerja dan Profesionalisme Akademik

Authors

  • Hesti Umiyati Universitas Utpadaka Swastika Penulis
  • Lukas Umbu Zogara Universitas Utpadaka Swastika Penulis
  • Asep Surahmat Universitas Utpadaka Swastika Penulis

DOI:

https://doi.org/10.69773/3nkc5862

Keywords:

Pendampingan; Jabatan Akademik Dosen; Kinerja.

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman sebagian dosen terhadap proses pengajuan dan pengisian jabatan akademik, yang merupakan bentuk pengakuan atas kompetensi dan kinerja dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Banyak dosen mengalami kesulitan dalam memahami regulasi, prosedur administratif, serta penyusunan dokumen pendukung yang diperlukan dalam sistem Jabatan Akademik Dosen (JAD). Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menyiapkan berkas dan mengajukan jabatan akademik secara mandiri dan sesuai ketentuan yang berlaku. Metode pelaksanaan mencakup pelatihan, bimbingan teknis, serta konsultasi individual yang berfokus pada praktik pengisian data dan penyusunan dokumen bukti kinerja. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dosen terhadap format isian, kelengkapan dokumen, dan tahapan verifikasi. Evaluasi dilakukan secara langsung melalui pengamatan selama kegiatan dan penilaian hasil kerja peserta. Dampak kegiatan ini terlihat dari meningkatnya kepercayaan diri, motivasi, serta kesadaran dosen terhadap pentingnya profesionalisme dan pengembangan karier akademik secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-11-21

Issue

Section

Artikel