Analisis Faktor Psikologis Penyebab Rendahnya Komitmen Relawan dalam Kegiatan Mengajar Anak Dampingan di Rumah Pintar (Rumpin) Bangjo
DOI:
https://doi.org/10.69773/hbpczg05Keywords:
komitmen relawan; motivasi intrinsik; kelelahan emosional; keterikatan sosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor psikologis yang berperan dalam menurunnya tingkat komitmen relawan dalam aktivitas mengajar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus intrinsik, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta analisis dokumentasi internal komunitas. Hasil dari analisis tematik menunjukkan adanya empat faktor utama yang memengaruhi, yakni penurunan motivasi intrinsik, konflik antara tanggung jawab pribadi dan kegiatan kerelawanan, kelelahan emosional akibat tuntutan mengajar, serta rendahnya keterikatan sosial antaranggota komunitas. Temuan ini mengindikasikan bahwa penurunan komitmen relawan bukan hanya dipicu oleh aspek eksternal, melainkan juga erat kaitannya dengan kondisi psikologis individu. Oleh sebab itu, diperlukan pendekatan yang menekankan dukungan emosional dan sosial secara lebih intensif guna memastikan keberlangsungan partisipasi relawan. Dari sisi praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi pijakan bagi komunitas dan pengelola relawan untuk merancang strategi dukungan psikososial yang tepat, demi menjaga konsistensi keikutsertaan relawan dalam program pendidikan