Optimalisasi Perkembangan Anak Pra-Sekolah Melalui Metode Finger Painting
DOI:
https://doi.org/10.69773/xzx5w692Abstract
Masa pra-sekolah merupakan periode penting dalam perkembangan anak yang membutuhkan stimulasi yang optimal untuk mendukung kreativitas dan keterampilan motorik halus. Namun, di TK Nidzammyah, metode pembelajaran berbasis seni masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dan kreativitas anak melalui metode finger painting. Kegiatan ini melibatkan 30 anak pra-sekolah serta guru dan orang tua, yang diberikan penyuluhan dan praktik langsung finger painting. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan kepada pendidik dan orang tua, pelatihan teknik finger painting, serta praktik langsung oleh anak-anak dengan pendampingan guru dan orang tua. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 85% anak mengalami peningkatan motorik halus dan 90% menunjukkan ekspresi kreatif yang lebih baik. Dengan demikian, finger painting terbukti efektif dalam mendukung perkembangan anak pra-sekolah dan dapat diterapkan secara luas dalam pendidikan anak usia dini.