Bazaar dan E-Commerce sebagai Strategi Pemasaran Kerajinan Bambu di Desa Kemuningsari Lor

Authors

  • Afifah Nur Aini UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis
  • Nivayatus Sayyadah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis
  • Zainul Hasan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis
  • Ana Maulidiyah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis
  • Karmila Karmila UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis
  • Nadifa Umaima UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis
  • Ika Novi Putri Juwita UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis
  • Isma Ramadhaniah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis
  • Istifadatul Laili UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis
  • Elsa Nianda Nabila UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis
  • Siti Nur Haliza UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis
  • Ning Hasanatul Jannah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis
  • Maulida Khairunnisa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis
  • Ahmad Rokib Wahyudi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis
  • Muhammad Faizin UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Indonesia Penulis

Keywords:

Kerajinan Anyaman Bambu, Bazar, E-Commerce

Abstract

Desa Kemuningsari Lor memiliki aset non-fisik berupa keterampilan warganya dalam membuat kerajinan anyaman bambu. Namun pemasaran produk kerajinan yang telah dilakukan hanya melalui penjualan berkeliling. Hal ini membuat para pengrajin anyaman bambu memperoleh pendapatan yang tidak banyak. Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan metode Asset Based Community Development (ABCD) dengan lima tahap: Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Tahap Discovery dilakukan dengan menelusuri asset yang dimiliki masyarakat desa yaitu kerajinan anyaman bambu. Pada tahap Dream, diketahui bahwa tujuan Masyarakat adalah meningkatkan penjualan produk kerajinan anyaman bambu untuk meningkatkan taraf ekonomi para pengrajinnya. Pada tahap Design dilakukan perencanaan dan pemilihan strategi untuk meningkatkan penjualan produk kerajinan anyaman bambu. Pada tahap Define, dilakukan bazar dan penjualan produk melalui e-commerce. Terakhir, diketahui bahwa penjualan produk mengalami peningkatan (Tahap Destiny).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-27

Issue

Section

Artikel